Campus Expo 2018 di MAN Kota Surabaya

Kota Surabaya (MAN Kota Surabaya) – Jum,at (5/1), tengah berlangsung kegiatan Campus Expo (Campex) 2018 di MAN Kota Surabaya. Campex 2018 yang bertema Pahami dan Tentukan Langkahmu ini merupakan kegiatan sosialisasi tentang perguruan tinggi favorit, baik negeri maupun swasta, yang terselenggara karena kolaborasi guru BK kelas XII MAN Kota Surabaya  dengan para alumni MAN Kota Surabaya angkatan 2016 dan 2017.

Dalam  Campex 2018 yang dalam jadwalnya akan berakhir pada 15.30 WIB ini dibuka 13 stan PTN/PTS favorit Indonesia (UNUSA, UINSA, UB, UNAIR, UNESA, ITS, UPN, Poltekes Surabaya, Politeknik Jember, UTM, PPNS, UMS, UIN Jakarta) dan 1 stan PTN dari Malaysia (Universitas Teknologi Malaysia). Di stan-stan tersebut terdapat alumni MAN Kota Surabaya yang sekarang menjadi mahasiswa di PTN/PTS tersebut. Merekalah yang memberi pelayanan informasi mengenai jalur pendaftaran, fasilitas yang ada di universitas, program pendidikan, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), sampai pembiayaan selama menimba ilmu di universitas tersebut.

Kegiatan yang dimulai pukul 07.00 WIB tersebut diawali dengan pembukaan yang diisi dengan tilawah dan sambutan dari Ketua Pelaksana,Ervina , Guru BK kelas XII, Ulumiyah, dan Kepala MAN Kota Surabaya.

Dalam sambutannya, Fathorrakhman, Kepala MAN Kota Surabaya mengapresiasi kepedulian para alumni yang mau bersusah payah memberi informasi, motivasi dan tips-tips untuk adik-adiknya agar sukses menembus PTN/PTS yang diharapkan. Kepada siswa kelas XII, Fathorrakhman juga berpesan agar lebih giat belajar supaya sukses UN dan menembus PTN/PTS yang diharapkan.

“Tujuan kalian untuk saat ini ada dua. Yang pertama adalah sukses di UNBK. Lebih rajinlah kalian belajar supaya meraih hasil yang terbaik di UNBK. Dan tujuan kedua adalah sukses menembus SNMPTN dan SBMPTN. Kedua tujuan tersebut membutuhkan upaya belajar yang maksimal dan sungguh-sungguh. Saya berharap anak-anak MAN Kota Surabaya dapat sukses semuanya di dua tujuan tersebut,” harap Fathorrakhman.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Talkshow yang menghadirkan pembicara dari alumni-alumni MAN Kota Surabaya yang sekarang sedang menempuh perkuliahan di jurusan sastra Inggris UINSA, Hukum UNAIR, dan arsitektur ITATS. Dalam Talkshow tersebut, pembicara berbagi pengalaman mereka tentang perjuangan masuk PTN/PTS pilihan masing-masing. Tak lupa para pembicara juga memberikan motivasi kepada adik-adiknya (siswa kelas XII) untuk selalu berusaha dan berdoa agar apa yang diinginkannya bisa tercapai.

Setelah talkshow selesai, dilanjut dengan konsultasi ruang yang dibagi dalam 9 fakultas yaitu Ilmu Kesehatan, Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Sains, Teknik, Sastra, Pendidikan, Sosial, dan Agrobisnis. Siswa kelas XII dipersilahkan memasuki ruangan sesuai fakultas yang diminatinya. Di ruang tersebut mereka disambut para volunteer fakultas yang akan memberi informasi mengenai fakultas. Para siswa juga diberi kesempatan berkonsultasi pada volunteer fakultas.

Semoga dengan adanya kegiatan Campex ini, cakrawala siswa kelas XII MAN Kota Surabaya tentang dunia perkuliahan akan semakin terbuka luas. Kebimbangan dan keraguan mengenai pilihan juruan kuliah sirna dan berganti dengan kepercayaan diri dalam menentukan pilihan jurusan di PTN/PTS favorit. (HMS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*