SELAMAT DATANG DI WEBSITE KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA SURABAYA KEMENTERIAN AGAMA BUKA LOWONGAN 1000 CPNS FORMASI DOSEN HINGGA SENIN (18/9), 516 JEMAAH WAFAT DI ARAB SAUDI KEMENTERIAN AGAMA GANDENG KPK LATIH GURU MADRASAH BERANTAS KORUPSI PASCA TERBITNYA PERPRES NO. 87 TH. 2017, KEMENTERIAN AGAMA SIAPKAN PMA TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER TAHUN 2018, KEMENTERIAN AGAMA SIAPKAN 240 MILIAR UNTUK ANGGARAN PENELITIAN OPTIMALKAN KINERJA PENYULUH AGAMA, BIMAS ISLAM KEMENTERIAN AGAMA HADIRKAN E-PAI PUNCAK HARI SANTRI 2017 AKAN DIGELAR DI SEMARANG KEMENTERIAN AGAMA PERCEPAT SERAPAN PIP BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN

Profil

dr-haris-hasanudin-m-ag
Dr. Haris Hasanudin, M.Ag. (Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya)

Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya yang terletak di Jl. Masjid Agung Timur No. 4 Surabaya terletak di Kota Surabaya yang memiliki luas daerah kurang lebih 290,44 Km. Dengan berbatasan sebagai berikut :

  • Sebelah Utara :      Selat Madura,

  • Sebelah selatan :      Kabupaten Sidoarjo

  • Sebelah Barat :      Kabupaten Gresik

  • Sebelah Timur :      Selat Madura

Adapun Susunan organisasi kantor kementerian agama kota Surabaya (Sesuai Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2012 : Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama), Pasal 497 (2) : Susunan Organisasi Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 464 ayat (2) huruf cc terdiri dari:

  1. Subbagian Tata Usaha;

  2. Seksi Pendidikan Madrasah;

  3. Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren;

  4. Seksi Pendidikan Agama Islam;

  5. Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah;

  6. Seksi Bimbingan Masyarakat Islam;

  7. Penyelenggara Syariah;

  8. Penyelenggara Kristen; dan

  9. Kelompok Jabatan Fungsional.

Tugas pokok dan fungsi (sesuai Pasal 498) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam pasal 7, Kantor  Kementerian Agama menyelenggarakan fungsi:

  1. Perumusan dan penetapan visi, misi, dan kebijakan teknis di bidang pelayanan dan bimbingan kehidupan beragama kepada masyarakat di kabupaten/kota;

  2. Pelayanan, bimbingan dan pembinaan di bidang haji dan umrah;

  3. Pelayanan, bimbingan dan pembinaan di bidang pendidikan  madrasah, pendidikan agama dan keagamaan;

  4. Pembinaan kerukunan umat beragama;

  5. Pelaksanaan kebijakan teknis di bidang pengelolaan administrasi dan  informasi;

  6. Pengkoordinasian perencanaan, pengendalian, pengawasan dan evaluasi program; dan

  7. Pelaksanaan hubungan dengan pemerintah daerah, instansi terkait, dan lembaga masyarakat dalam rangka pelaksanaan tugas kementerian di kabupaten/kota.