SELAMAT DATANG DI WEBSITE KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA SURABAYA MENTERI AGAMA : NEGARA LAIN IRI KARENA INDONESIA PUNYA PANCASILA MENTERI AGAMA : PERPPU NO. 2 TAHUN 2017 UNTUK LINDUNGI NEGARA, BUKAN MEMBERANGUS ORMAS ANGGARAN TAMBAHAN KEMENTERIAN AGAMA DALAM APBNP 2017 AKAN DIGUNAKAN UNTUK PEMBAYARAN TUNJANGAN PROFESI GURU (TPG) TERHUTANG KEMENTERIAN AGAMA SIAPKAN KUOTA 7.500 UNTUK PLPG GURU MADRASAH KEMENTERIAN AGAMA PASTIKAN 30 PERSEN ANGGARAN PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI (PTKIN) UNTUK PENELITIAN KEMENTERIAN AGAMA SIAPKAN RP 8 MILIAR UNTUK BEASISWA S2 GURU MADRASAH KEMENTERIAN AGAMA SUSUN RANCANGAN PERATURAN MENTERI AGAMA (PMA) LABEL HALAL JAKARTA RAIH PERINGKAT PERTAMA STQ NASIONAL TARAKAN 2017 SUSUN SILABUS K13 KEMENTERIAN AGAMA PERKUAT PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH KEMENTERIAN AGAMA MASUK LIMA KEMENTERIAN/LEMBAGA DENGAN PAGU INDIKATIF ANGGARAN TERBESAR TAHUN 2018

Profil

dr-haris-hasanudin-m-ag
Dr. Haris Hasanudin, M.Ag. (Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya)

Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya yang terletak di Jl. Masjid Agung Timur No. 4 Surabaya terletak di Kota Surabaya yang memiliki luas daerah kurang lebih 290,44 Km. Dengan berbatasan sebagai berikut :

  • Sebelah Utara :      Selat Madura,

  • Sebelah selatan :      Kabupaten Sidoarjo

  • Sebelah Barat :      Kabupaten Gresik

  • Sebelah Timur :      Selat Madura

Adapun Susunan organisasi kantor kementerian agama kota Surabaya (Sesuai Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2012 : Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama), Pasal 497 (2) : Susunan Organisasi Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 464 ayat (2) huruf cc terdiri dari:

  1. Subbagian Tata Usaha;

  2. Seksi Pendidikan Madrasah;

  3. Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren;

  4. Seksi Pendidikan Agama Islam;

  5. Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah;

  6. Seksi Bimbingan Masyarakat Islam;

  7. Penyelenggara Syariah;

  8. Penyelenggara Kristen; dan

  9. Kelompok Jabatan Fungsional.

Tugas pokok dan fungsi (sesuai Pasal 498) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam pasal 7, Kantor  Kementerian Agama menyelenggarakan fungsi:

  1. Perumusan dan penetapan visi, misi, dan kebijakan teknis di bidang pelayanan dan bimbingan kehidupan beragama kepada masyarakat di kabupaten/kota;

  2. Pelayanan, bimbingan dan pembinaan di bidang haji dan umrah;

  3. Pelayanan, bimbingan dan pembinaan di bidang pendidikan  madrasah, pendidikan agama dan keagamaan;

  4. Pembinaan kerukunan umat beragama;

  5. Pelaksanaan kebijakan teknis di bidang pengelolaan administrasi dan  informasi;

  6. Pengkoordinasian perencanaan, pengendalian, pengawasan dan evaluasi program; dan

  7. Pelaksanaan hubungan dengan pemerintah daerah, instansi terkait, dan lembaga masyarakat dalam rangka pelaksanaan tugas kementerian di kabupaten/kota.